Pembangunan kota Jakarta belum berorientasi transit. Infrastruktur yang tersedia di Jakarta belum membuat penduduk nyaman berjalan kaki dan bersepeda. Berbeda dengan Singapura dan Hong Kong yang sudah berorientasi transit.
1. |
Penduduk Jakarta berjalan 2x lebih jauh dari penduduk Singapura, karena jarak dari transportasi massal ke destinasi akhir jauhRata-rata jarak berjalan kaki per hari dari halte dan stasiun transit ke tujuan akhir | 2020Sumber: Moovit Public Transport Index 2020 |
2. |
Total panjang jalur sepeda di Singapura dan Hong Kong 2 sampai 4x lebih panjang dibanding Jakarta.Panjang Jalur Sepeda | 2020 & 2021Sumber: ITDP, Land Transport Authority Singapore, Legislative Council of Hong Kong |
3. |
Jakarta mengandalkan mobil pribadi sebagai moda utama, berbeda dengan Singapura dan Hong Kong.Persentase perbandingan moda mobilitas | 2020Sumber: Deloitte City Mobility Index 2020 |
4. |
Kualitas infrastruktur bersepeda di Jakarta paling kecil dibandingkan Singapura dan Hong Kong.Skor infrastruktur bersepeda | 2019Sumber: COYA Bicycle City Index |
5. |
Dari 100 ribu penduduk, Jakarta hanya memiliki 1 bike share dan bike rental station.Jumlah bike share dan bike rental station per 100 ribu penduduk | 2019Sumber: COYA Bicycle City Index |